1 Nov 2012

BLEK LE RAT


BLEK LE RAT

Lahir Xavier Prou di Boulogne-Billancourt, Paris pada tahun 1952, adalah salah satu seniman grafiti pertama di Paris, dan telah disebut  sebagai Bapa "Graffiti Stencil”. Dia mulai karya seninya pada tahun 1981, lukisan stensil tikus di dinding jalanan kota Paris, menggambarkan tikus sebagai "satu-satunya hewan bebas di kota", dan satu yang "menyebar wabah di mana-mana, seperti seni jalanan". Namanya berasal dari masa kanak-kanak kartun "Blek le Roc" menggunakan "tikus" sebagai anagram "seni".


Awalnya dipengaruhi oleh seni grafiti pertama di New York City setelahdia berkunjung pada tahun 1971 ia memilih di Paris lebih cocok, karena arsitektur yang berbeda dari dua kota. Ia juga menyatakan pengaruh Richard_Hambleton seniman Inggris  yang menggambar skala besar figur manusia pada tahun 1980. Dia dikreditkan dengan menjadi penemu stensil seukuran, serta yang pertama untuk mengubah stensil dari huruf dasar menjadi seni pictoral.

Identitas Blek yang diturunkan kepada pihak berwenang Perancis pada tahun 1991 ketika ia ditangkap saat stencilling replika Caravaggio Madonna dan Anak, dengan koneksi ke Blek dan karya seninya yang dibuat oleh polisi. Sejak saat itu, dia telah bekerja secara eksklusif dengan pra-stenciled poster, mengutip aplikasi lebih cepat dari medium ke dinding.

Dia memiliki pengaruh yang besar pada seni grafiti saat ini dan gerakan "gerilya seni", motivasi utama dari karyanya menjadi kesadaran sosial dan keinginan untuk membawa seni untuk masyarakat. Banyak dari karya nya adalah pictorials individu soliter yang bertentangan dengan kelompok yang menindas. Ia juga telah dicatat untuk gambar mewakili tunawisma, dimulai pada tahun 2006, yang menggambarkan mereka berdiri, duduk atau berbaring di trotoar, dengan tujuan untuk membawa perhatian pada apa yang ia dilihat sebagai masalah global.

Pengaruh dan pendapat Banksy artis grafiti dari Inggris telah mengakui pengaruh Blek yang menyatakan "setiap kali saya pikir saya sudah mengecat sesuatu yang sedikit asli, namun saya menemukan bahwa Blek Le Rat telah melakukannya juga, hanya lebih cepat dua puluh tahun yang lalu." Keduanya telah menyatakan keinginan bersama untuk kolaborasi, pada tahun 2011, Blek merespon mural yang di tahun sebelumnya dibuat oleh Banksy di Mission District, San Francisco.

Blek awalnya tidak setuju dengan mereka  yang mengklaim Banksy telah menyalin karyanya: "Orang mengatakan dia salinan saya, tapi saya tidak berpikir begitu. Saya orang tua, dia anak baru, dan jika aku menjadi inspirasi bagi seniman. Aku menyukainya dan apa yang dia lakukan di London mirip dengan gerakan rock di tahun enam puluhan.. "Namun, baru-baru ini dalam Perang Graffiti dokumenter, Blek mengambil nada yang berbeda, menyatakan" Ketika saya melihat Banksy membuat seorang pria dengan seorang anak atau Banksy membuat tikus, tentu saja saya merasa marah melihat langsung di mana ia mengambil ide saya.. Bila Anda seorang seniman Anda menggunakan teknik Anda sendiri. Sulit untuk menemukan teknik dan gaya dalam seni jadi ketika Anda memiliki gaya dan Anda melihat orang lain adalah mengambil dan mereproduksi itu, Anda tidak seperti itu. Saya tidak yakin tentang integritas. Mungkin dia harus menunjukkan wajahnya sekarang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar